Selasa, 18 Mei 2010

Otak = Ketua

Bersyukur lah kita kepada Tuhan karena kita diciptakan sempurna dari segi fisik, motorik dan sensorik. Dari kepala, mata, hidung, telinga, tangan, perut, kaki sampai jari2nya. Dari otak, lidah, gigi, saraf dan otot2nya. Tp ada juga di luar sana yg tidak seberuntung kita, ada yang cacat fisik maupun scr emosional dan motorik. Tp bukan itu yang saya tulis disini. Saya ingin membahas ttg otak.

dlam pelajaran biologi, otak ada pusat dari segala nya. Otak adalah pusat sistem saraf, maka di dlm terdapat berjuta2 saraf dimana saraf2 tersebut berfungsi untuk menjalankan apa yang anggota tubuh kita jalani. Otak mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi2 tubuh seperti jantung, tekanan darah, suhu tubuh dan cairan tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi ingatan kyak pengenalan terhadap orang atau pembelajaran dan emosi.

See?? otak adalah segala nya, kebayang dong klo tubuh manusia tetap berdiri tp di dalam kepala nya tidak ada otak?? Manusia tersebut sama aja dgn robot, yang bisa diatur2, dibodohi2 dan hanya bagaikan patung yang tidak bisa berbuat apa2.
Sekarang gw akan menyamakan otak dengan yang namanya "ketua" atau "pemimpin". Di atas udah gw bilang klo otak ada pusat segala nya. Pernah terbayang gak sih?? jika kamu berada dalam satu kelompok dan ketua utk kelompok mu itu telah terpilih tp ketua mu itu seperti patung, hanya bisa diam...pasti yang ada di pikiran saya adalah "nih orang gimana sih jadi ketua, gerak kek"

Ketua atau pemimpin pasti akan dimintai keputusannya utk mengambil keputusan, nah pemimpin harus bisa menguasai masalah dan bisa memikirkan akibat yang disebabkan dari keputusan A atau keputusan B, kalau permasalahannya juga tidak tahu, bagaimana caranya kelompok tersebut memecahkan masalah yang ada?? iya kan..

Pemimpin pasti mempresentasikan apa yang menjadi visi misi kelompoknya (jika memang dimintai tujuan dibentuknya kelompok tersebut). Yang namanya anak buah pasti akan mendahului pemimpin nya dulu utk mengeluarkan suara, jika pemimpin nya tidak punya visi misi nah bagaimana caranya kelompok itu bs berjalan dan mencapai sukses??

Pemimpin juga ditunggui utk komando nya. Tender udah di rencanakan klo tidak ada perintah dari pemimpin utk menjalankannya, bagaimana bisa anak buah bergerak?? iya kan, nah seperti perang di film2 dimana pemimpin perang meneriakkan sesuatu dan mengangkat pedang nya, tanda pasukannya bisa maju dan berperang. Nanti klo menjalankan sesuatu yang penting trus dijalankan tanpa perintah pimpinan, apa coba yg akan terjadi?? anak buah dimarahi atau dipecat.

Sama dengan otak, pemimpin juga harus bisa perintah dan kata2 dan tindakan untuk menggerakkan manusia yang ada di bawah nya. Tp pemimpin juga ada jiwa sosial dan melayani. Sama seperti Tuhan Yesus dimana Dia gk sungkan untuk membasuh kaki murid2nya, membantu murid2nya dalam kesusahan.

utk para pemimpin2 dunia dan lokal (hehehehe)..happy fighting..!!!

Tidak ada komentar: