Jumat, 25 Februari 2011

Merasakan apa yang orang tua rasakan

lagi serius belajar ato sok serius hwhwhw


Banyak bgt kasus dimana seorang anak yang kuliah tp lulusnya lama dan nilai nya jelek yang pada akhirnya membuat orang tua marah2, gk terkecuali gw. Dimana pasti orang tua bilang gini “kamu kapan lulus, udah habis nih duit bapak mu?” “mahal jg ya biaya kuliah mu?” “belajar yang rajin ya nak, biar nilai nya bagus2” “belajar yang rajin ya biar cepet lulus”.

Ternyata perkataan itu emg ada bener nya juga, krn sekarang gw merasakan apa yang dulu mereka rasakan sewaktu jaman2 gw sekolah dan kuliah. Hal ini gw alami akhir2 ini dimana gw meneruskan S1 dan biaya in kuliah gw sndiri, tiap bulannya gw harus nyisihin buat uang kuliah dan gw jg terpaksa agak menahan2 diri gw yg seneng beli dvd, buku ato sekedar hang out di mall. Awal februari kmren, gw UAS dan ada satu mata kuliah yang gw merasa gk bisa ngerjain & apa yg gw alami setelahnya? Stress, mikir “dooh gw lulus gk yaa??” itu juga kan yg dialami ama ortu kita. Setelah pulang sekolah atau kuliah dan mrk tau kita sedang ujian, psti mrk tanya “gmn td ujian nya?? bisa?” (itu yg gw dan teman2 gw alami ya) dan saat kita jwb “gak bisa ma” ato “gak bisa pa” saat itu juga mrk bertanya lagi “kok gk bisa, emg gk belajar?” maka rasa kecewa dan khawatir yang terpampang di raut muka mereka, saat mengetahui anaknya gk bisa ngerjain ujian, mrk jd khawatir tp juga kecewa daann itu jg yg gw rasakan saat gk bisa ngerjain ujian. Kecewa knp gk belajar, khawatir takut gk lulus dan mikir “klo gk lulus gimana ya? Kan gw udh byr mahal2, klo gk lulus kan nambah biaya lagi”. Itu jg yg dirasakan ama ortu “klo anakku gk lulus gimana nih? Biaya utk ngelulusin matkul itu brp lagi ya?” ato “klo anakku gk naik kelas, aku kan malu dan juga nambah biaya lagi krn gk naik kelas”

trus selesai UAS, nilai2nya udh keluar dan IP jg udh keluar, saat ngeliat IP yang gk seberapa itu (yg ternyata 2 matkul blm diitung), gw lgsg STRESS, langsung mikir “knp cuma segini? Apa gw kurang belajar? Masa cuma segini sih kan gw udh byr mahal2” dan itu jg yg dirasakan ortu. Udah bayar mahal dan di sekolahin atau kuliahin tinggi2 tp hasilnya gk maksimal. Iya sih emg ortu ingin yg terbaik utk anaknya tp liat jg kemampuan anak nya, iya gk? Tp perasaan gw sama seperti ortu wkt ngeliat nilai2 gw gk maksimal. Itu semua dikarenakan biaya pendidika di negara besar tercinta ini sangat mahal dan seperti yg gw blg krn gw biayain sndiri jd kerasa bgt ama yg namanya “udh byr mahal2 tp kok gk maksimal hasilnya”.

ayo yg serius belajarnyaa...


Krn biaya sndiri jg, gw jd ngerasa ini yg namanya bener2 mahasiswa. Yg dari urus pendaftaran sndiri, urus biaya kuliah sndiri, urus KRS sndiri, urus tugas sndiri, urus nilai sndiri, urus SP sendiri, semua serba sendiri dan yg psti urus dosen sndiri hahaha. Tp ketika hasilnya dinilai cukup maksimal atau sangat maksimal, rasanyaaaa PPUUAASSS bgt!!! gk sia2 uang gw keluar buat isi dompet kampus, isi in dompet dosen2 dan karyawan2nya. So buat kalian yg masih sekolah atau msh kuliah, rajin2 belajar ya. Persaingan emg semakin ketat tp jgn sungkan2 bilang ke ortu klo otak lo emg gk sanggup. Trus jg, jgn pantang menyerah ya dan jgn kecewakan ortu lo, krn diri elo yg msh bisa berdiri sampai sekarang, itu semua karena Tuhan dan keluarga lo terutama papa dan mama kalian.

Selamat belajar semuaaa...belajar bs dimana aja kok seperti saya yg belajar di coffee bean Grand Indo, asal bs konsen hehe (alasaaann...)

Tidak ada komentar: